Rabu, 06 Januari 2016

Cara Memanggil Fungsi Eksternal dalam PHP

Tags

Halo sahabat Belajarphplengkap.com pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara memanggil fungsi eksternal dalam PHP. Sebelumnya saya pernah menyinggung tentang fungsi ini, yaitu pada tutorial mengenal fungsi dalam PHP. Namun, baru menjelaskan secara teori saja belum dalam tahap praktek. Pada tutorial inilah kita akan prakteknya.

Sebelum kita memanggil fungsi eksternal dalam PHP kita harus terlebih dahulu meregistrasikan library nya pada file php.ini. Sebagai contoh saya akan meregistrasikan library SQL Server. Oh, ya dalam praktek ini saya menggunakan XAMPP. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama silahkan download library atau driver SQL Server di sini.
  2. Ekstrak file zip tersebut. Pilih library yang sesuai dengan versi PHP yang Anda gunakan, misalnya Anda menggunakan PHP versi 5.6 TS (Thread Safe). Silahkan copy file php_sqlsrv_56_ts.dll dan paste di dalam folder ext (C:\xampp\php\ext). Kemudian rename file tersebut dengan nama 'php_sqlsrv.dll'.
  3. Buka file php.ini menggunakan editor di PC Anda. File php.ini terletak pada C:\xampp\php.
  4. Tambahkan teks di bawah ini.

    php_sqlsrv.dll

  5. Silahkan restart Apache pada XAMPP Control Panel.
Jika kita sudah meregistrasikan library SQL Server, selanjutnya kita akan memanggil fungsi eksternal tersebut. Sebagai contoh kita akan melakukan koneksi ke database SQL Server. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Silahkan buat database baru dengan nama 'db_latihan' menggunakan Microsoft SQL Server Management Studio. Apabila Anda belum menginstalnya silahkan install terlebih dahulu.
  2. Buka editor di PC Anda seperti notepad, sublime, notepad++ atau editor lainnya.
  3. Ketikan script PHP di bawah ini.

    
    <?php
      
      $serverName = 'WIN8';
      $connectionInfo = array('Database' => 'db_latihan', 'UID' => 'sa', 'PWD' => '123');
      $conn = sqlsrv_connect($serverName, $connectionInfo);
      
      if ($conn) {
        echo "Koneksi Berhasil";
      } else {
        echo "Koneksi Gagal";
      }
    
    ?>
    

  4. Buat sebuah folder dengan nama 'latihan' di dalam folder htdocs (C:\xampp\htdocs). Kemudian simpan script PHP tersebut dengan nama 'koneksi.php' di dalam folder latihan.
  5. Buka browser di PC Anda, kemudian ketikan http://localhost/latihan/koneksi.php pada address bar browser. Jika tidak ada masalah, maka tampilan di browser Anda seperti gambar di bawah ini.

cara memanggil fungsi eksternal dalam php


Dalam praktek ini dapat ditarik kesimpulan, apabila kita ingin memanggil fungsi eksternal dalam PHP, maka kita harus meregistrasikan library nya terlebih dahulu pada file php.ini. Barulah kita memanggil fungsi eksternal tersebut.


Saya rasa cukup, apabila terdapat kesalahan dalam penjelasan tutorial ini saya mohon maaf. Terimakasih. :)

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon