Rabu, 16 Desember 2015

Mengenal Pengguna Database Berdasarkan Fungsi Tugasnya

Tags

Pertama kali saya belajar database sekitar tahun 2009 lalu, saya mengira user atau pengguna database itu tugasnya melakukan semua pekerjaan yang bersangkutan dengan database seperti mendesain database, membuat database, membackup database, merestore database, membuat table, menginput data, mengedit data, menghapus data dan lainnya.

Pada saat itu saya berpikir, banyak sekali tugas dari pengguna database dan banyak pula yang harus dipelajari. Namun, seiring waktu berjalan, saya mulai mengetahui bahwa pengguna database itu terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsi tugasnya.

Betapa bahagianya ketika saya mengetahui itu, karena saya bisa memilih salah satunya dan fokus mempelajari mengenai tugas-tugasnya. Saat itu saya fokus mempelajari tugas-tugas database users, yang mana tugasnya tidak terlalu berat menurut saya, jadi lebih mudah untuk menguasainya. Berharap ketika saya lulus sekolah nanti, saya bisa menjual keahlian yang saya punya ke perusahaan.

pengguna database

Nah, berikut ini adalah beberapa pengguna database berdasarkan fungsi tugasnya diantaranya, yaitu:

1. Database Administrator

Database administrator memiliki tugas, yaitu instalasi database, upgrade database, restore database, backup database, mengontrol pengguna yang mengakses ke database, memonitor database, mendaftarkan pengguna baru, membuat objek utama (tables, views, indexes), memelihara sistem keamanan, memelihara pemasukan data ke tape, menyediakan sistem penyimpanan database serta merencanakan kebutuhan penyimpanan untuk masa yang akan datang, memodifikasi struktur database, menghubungi database teknikal support dan sebagainya.

2. Security Officers

Security Officers memiliki tugas yaitu mendaftarkan pengguna baru ke database, mengontrol akses pengguna, memonitoring akses pengguna dan memelihara sistem keamanan data.

3. Application Developer

Adapun tugas dari application developer ialah mendesain struktur database untuk aplikasi, mendesain dan membuat aplikasi database, mengestimasi kebutuhan penyimpanan data untuk aplikasi, memperbaiki aplikasi dalam masa pengembangan dan lainnya.

4. Application Administrator

Application Administrator tugasnya ialah melakukan tugas administrasi pada aplikasi.

5. Database Users

Tugas dari database users, yaitu menambah data, mengedit data, menghapus data dan membuat laporan.

6. Network Administrators

Tugas dari network administrator ialah menghubungkan pengguna dengan database.

Dengan adanya pembagian tugas tersebut, ada beberapa keuntungan yang didapat baik itu untuk pihak manajemen atau pengguna database tersebut.

Keuntungan bagi pihak manajemen adalah lebih mudah mengontrol atau memonitoring pekerjaan dari masing-masing pengguna database. Apabila terjadi kesalahan pihak manajemen cukup mengkoordinasikannya ke pengguna database yang bersangkutan.

Sedangkan keuntungan bagi pengguna database adalah dapat bekerja lebih fokus karena tugasnya  (job desc) jelas. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Oh ya, kalau Anda tidak keberatan tolong bantu di-share ke social media Anda ya, agar blog tercinta ini cepat terkenal. Salam senyum. :)

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon