Rabu, 16 Desember 2015

Pengertian Database dan Contohnya

Tags

Pengertian Database | Pada era teknologi informasi seperti sekarang ini, kita sering menemui atau mendengar kata database. Database saat ini banyak digunakan oleh perusahaan baik itu perusahaan kecil, perusahaan menengah atau pun perusahaan besar. Namun, tahukah Anda apa itu database?

Secara sederhana basis data atau database bisa kita sebut sebagai gudang data. Namun, secara teori database adalah kumpulan informasi atau data yang kompleks, yang mana data-data tersebut disusun menjadi beberapa kelompok dengan tipe data yang sejenis atau bisa disebut juga tabel, selain itu di mana data-data tersebut dapat berdiri sendiri atau saling berhubungan satu sama lain, sehingga mudah diakses.

pengertian database

Berikut ini adalah contoh database sederhana:
niknamaalamatkotajenis_kelamin
K001Haniif Fii SabiilillahJl. Rawa Geni No. 10DepokL
K002Yulia SafitrahJl. Tugu Tani No. 15DepokP
K003Andri SetiawanJl. Rambutan No. 17JakartaL
K004Deni PransatioJl. Jeruk Nipis No. 5BogorL
K005Windi PraditaJl. Kejora No. 25BandungP

Database terdiri dari beberapa tabel dan tabel terdiri dari beberapa baris dan kolom. Baris dalam database biasa disebut record dan kolom biasa disebut field. Setiap record di dalam tabel mempresentasikan masing-masing data, bisa kita lihat dari contoh tabel karyawan di atas terdapat 5 buah baris (record) yang terdiri dari data karyawan Haniif Fii Sabiilillah, Yulia Safitrah, Andri Setiawan, Deni Pransation dan Windi Pradita. Sedangkan setiap kolom mempresentasikan jenis data yang ada di dalam masing-masing kolom tersebut, contohnya seperti data-data kolom alamat di atas yang mempresentasikan alamat karyawan. Untuk setiap data yang tersimpan di dalam kolom alamat memiliki jenis yang sama, dalam artian hanya menyimpan data alamat karyawan saja.

Itulah pengertian database dan contohnya yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. :)

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon