Sabtu, 19 Desember 2015

Apa Itu Anomali?

Tags

Apa itu anomali? bagi Anda yang baru belajar database tentu masih asing dengan istilah ini. Tenang bukan hanya Anda yang mengalami hal ini saya juga mengalaminya ko'. Heheee..

apa itu anomali?

Anomali berkaitan dengan data sebuah tabel dalam database. Anomali adalah kesalahan-kesalahan dalam memanipulasi sebuah data, misalnya kesalahan dalam memasukan data. Anomali disebabkan oleh desain database yang buruk.

niknamaalamatkotakode_perusahaannama_perusahaan
K001Haniif Fii SabiilillahJl. Rawa Geni No. 10DepokP001PT. RAMBUTAN
K001Haniif Fii SabiilillahJl. Rawa Geni No. 10DepokP002PT. MANGGIS
K002Yulia SafitrahJl. Tugu Tani No. 15DepokP003PT. DURIAN
K003Andri SetiawanJl. Rambutan No. 17JakartaP001PT. RAMBUT
K003Andri SetiawanJl. Rambutan No. 17JakartaP003PT. DURIAN
K004Deni PransatioJl. Jeruk Nipis No. 5BogorP002PT. MANGGIS
K005Windi PraditaJl. Kejora No. 25BandungP001PT. RAMBUTAN

Adapun jenis dari anomali diantaranya, yaitu:

1. Insert Anomali

Insert anomali adalah kesalahan-kesalahan dalam memasukan sebuah data ke dalam tabel. Dari tabel di atas, kita bisa melihat bahwa ada kesalahan dalam memasukan sebuah data pada kolom nama_perusahaan tepatnya pada data yang saya beri warna merah. Yang benar nilainya adalah PT. Rambutan, bukan PT. Rambut. Jika kesalahan ini tetap dibiarkan maka akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

2. Update Anomali

Update anomali adalah kesalahan-kesalahan dalam melakukan operasi pengubahan sebuah data di dalam tabel. Silahkan perhatikan kembali tabel di atas, seandainya PT. Rambutan berubah namanya menjadi PT. Mangga, Apakah kita harus mengubah semua data karyawan yang bekerja pada PT. Rambutan supaya menjadi PT. Mangga?

Jika jumlah karyawan yang bekerja hanya 3 orang saja ini belum menimbulkan masalah. Namun, ketika karyawan yang bekerja jumlahnya dari waktu ke waktu terus bertambah, anggaplah mencapai 100rb ini dapat menimbulkan masalah. Salah satunya adalah capek jari kita ngeditnya. Heheee..

3. Delete Anomali

Delete anomali adalah kesalahan-kesalahan dalam melakukan operasi penghapusan sebuah data di dalam tabel. Silahkan perhatikan kembali tabel di atas, seandainya data karyawan yang bekerja dengan kode_perusahaan P001 dihapus, maka informasi data perusahaan PT. Rambutan pun juga terhapus. Apabila suatu saat nanti kita membutuhkan informasi mengenai perusahaan-perusahaan yang pernah ada pada tabel tersebut, kita tidak akan mendapatkan informasi mengenai PT. Rambutan.


Untuk mencegah terjadinya anomali baik itu insert anomali, update anomali atau delete anomali, yaitu dengan membuat desain database yang baik.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon