Selasa, 16 Desember 2014

Cara Install XAMPP di Windows

Cara Install XAMPP di Windows | Rasanya belajar tanpa praktek kurang greget alias teori saja. Oleh karena itu sebelum Anda menjalankan script PHP pastikan Anda sudah menginstall aplikasi web server di PC Anda. Pada artikel ini saya akan menjelaskan step by step cara install XAMPP di Windows. Alasan memilih XAMPP dan sistem operasi Windows adalah karena mayoritas orang Indonesia menggunakan sistem operasi ini dan XAMPP cukup mudah dalam hal penginstalan, penggunaan dan konfigurasi. Saya sangat merekomendasikan pemula untuk menggunakan aplikasi web server ini.

XAMPP terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Dengan XAMPP Anda tidak perlu menginstall satu persatu program yang dibutuhkan, karena program yang dibutuhkan sudah terinclude didalamnya. Dengan menginstall XAMPP Anda memiliki server yang berdiri sendiri (localhost) di PC Anda. Berikut step by step cara install XAMPP di windows.

Step 1:

Download installer XAMPP terlebih dahulu di https://www.apachefriends.org/download.html. Silahkan Anda pilih versi XAMPP yang compatible dengan sistem operasi Anda. Untuk praktek ini saya menggunakan XAMPP versi 1.8.3.3. 

Step 2:

Klik kanan pada installer tersebut, kemudian pilih Run as Administrator. Akan muncul window seperti gambar dibawah ini. Klik button Next >.

cara install xampp di windows


select component setup


Step 3:

Biarkan pilihannya seperti gambar diatas. Kemudian klik button Next >. Kemudian pilih lokasi untuk menempatkan hasil ekstrakan installer XAMPP. Jika Anda tidak merubah lokasinya, silahkan klik button Next >.

installation folder


Step 4:

Klik button Next >, sampai tampil window seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik button Finish.

finish


Step 5: 

Secara default service Apache dan service MySQL dalam kondisi Running. Tapi tidak ada salahnya jika di cek terlebih dahulu di XAMPP Control Panel Anda. Jika kondisi service sudah dipastikan running.Kemudian buka browser di PC Anda ketikan http://localhost. Jika muncul seperti gambar dibawah ini proses instalasi yang Anda lakukan berhasil.

splash xampp


Bagaimana, mudah bukan cara install XAMPP di windows?


Solusi Error Service Apache di Windows



error service apache di windows


Jika XAMPP Control Panel Anda seperti gambar diatas yang saya tandai dengan nomor 3, bahwa error tersebut disebabkan port 80 yang sudah digunakan oleh aplikasi lain di PC Anda, biasanya port ini sudah digunakan Microsoft Internet Information Server (IIS). Solusinya adalah klik button config yang saya tandai dengan nomor 4. Pilih Apache (httpd.conf). Cari text dibawah ini:

  • Listen 80
  • ServerName localhost:80

Ganti port tersebut dengan port yang available di PC Anda, misalnya 1080.

  • Listen 1080
  • ServerName localhost:1080

Kemudian save perubahan file tersebut dan restart service apache dengan mengkilk button start yang saya tandai dengan nomor 1. Jika text Apache diblock dengan warna hijau, itu berarti error solved. 

Semoga artikel cara install XAMPP di windows ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda mengalami kesulitan silahkan diskusikan melalui form komentar dibawah ini. :)



Baca juga artikel sebelumnya Belajar PHP Dasar ...

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon