Minggu, 14 Desember 2014

Belajar PHP

Tags

Belajar PHP | Aneka pertanyaan dari teman yang ingin belajar bahasa pemrograman PHP yang dilontarkan kepada saya. Aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk belajar PHP?. Mengapa harus memilih PHP sebagai bahasa pemrogramannya?. Apa saja manfaat yang didapat jika belajar PHP?. Kurang lebih pertanyaannya seperti itu. Saya sangat senang dengan teman yang bertanya, karena itu merupakan salah satu bentuk ketertarikan mereka untuk mempelajari PHP. Oleh karena itu saya akan menjawab pertanyaan tersebut melalui artikel atau postingan ini.

Aplikasi Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Belajar PHP?


1. Web Server

Anda bisa memilih salah satu aplikasi web server berikut ini seperti, XAMPP, LAMP, WAMP atau NGINX. Untuk pemula saya sarankan untuk memilih XAMPP untuk OS Windows dan LAMP untuk OS Linux. Alasannya, XAMPP sudah include PHP dan MySQL, begitu pula dengan LAMP.

2. Browser

Untuk tahap belajar Anda cukup memilih salah satu browser berikut ini seperti, Mozilla Firefox, Internet Explorer (IE), Google Chrome, Safari atau Opera.

3. Editor

Sebetulnya dengan Anda mengunakan editor built-in sudah cukup untuk ngoding PHP. Akan tetapi editor built in rasanya kurang asyik jika dipakai untuk ngoding. Jangan khawatir Anda bisa menggunakan editor berikut ini seperti, Notepad++, Sublime, Dreamweaver, PhpStorm, phpDesigner, Netbeans atau Aptana. Silahkan pilih yang Anda rasa nyaman untuk ngoding. Saya sendiri menggunakan editor notepad++ dan sublime.

Mengapa Harus Memilih PHP sebagai Bahasa Pemrogramannya?

  1. PHP dapat digunakan di banyak sistem operasi seperti Linux, Microsoft Windows, Mac OS dan banyak lainnya. Dengan hal ini tentunya memberi keleluasan untuk Anda memilih sistem operasinya.
  2. PHP didukung oleh sebagian besar aplikasi web server saat ini, seperti Apache, Nginx, Microsoft Internet Information Server (IIS), Caudium, Xitami, dan lainnya. Anda juga mempunyai keleluasaan untuk memilih aplikasi web servernya.
  3. PHP mendukung banyak database seperti MySQL, MongoDB, SQL Server, Oracle, IBM DB2, Informix, FilePro(read-only), Sybase, dBase, PostgreSQL, dan lainnya.
  4. PHP mendukung protokol-protokol untuk dapat berkomunikasi dengan service-service seperti LDAP, HTTP, IMAP, SNMP, POP3, COM (on Windows) dan lainnya.
  5. Mudah, dokumentasi lengkap, forum yang ramah, situs referensi yang banyak, buku yang mudah didapat dan lainnya menjadikan bahasa pemrograman PHP mudah untuk dipelajari.
  6. Populer, bahasa pemrograman PHP saat ini sangat populer, mayoritas website dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Jadi jangan takut bahasa pemrograman ini akan ketinggalan zaman.
  7. Free License (Gratis), Anda tidak akan dikenakan license atau biaya, jika nantinya Anda menjual hasil karya Anda beserta aplikasinya.

Apa Saja Manfaat yang Didapat Jika Belajar PHP?


1. Wawasan Baru

Dengan mempelajari PHP tentunya Anda memiliki wawasan baru tentang bahasa pemrograman web dan menjadi keahlian baru Anda. Dengan mempelajarinya Anda mengetahui secara betul proses pembuatan website.

2. Meniti Karir Sebagai Programmer

Dengan Anda menguasai bahasa pemrograman PHP Anda dapat meniti karir sebagai programmer di perusahaan IT. Prospek menjadi programmer cukup menjanjikan, maka dari itu profesi ini sangat diidolakan oleh Mahasiswa Manajemen Informatika atau Sistem Informasi.

3. Membuka Peluang Usaha

Selain meniti karir di perusahaan, Anda juga memiliki peluang usaha jasa pembuatan website. Prospek peluang usaha ini tak kalah menjanjikannya dengan meniti karir di perusahaan. 


belajar php, php
Belajar PHP


Petanyaan yang tak kalah pentingnya dengan pertanyaan diatas adalah bagaimana cara cepat menguasai bahasa pemrograman PHP?. Berikut adalah tips yang dapat saya bagikan untuk Anda.

1. Cari Referensi yang Tepat

Dengan memilih referensi yang tepat akan membantu Anda secara cepat menguasai bahasa pemrograman PHP. Sumber referensi yang dapat Anda gunakan dapat berupa buku, ebook, forum dan situs referensi. Awal pertama belajar, saya membeli buku terbitan lokomedia dan pengarangnya Bapak Lukmanul Hakim. Maaf ini bukan promosi loh. :D. Situs referensi yang saya gunakan adalah w3schools dan situs resmi php (php.net). Forum yang saya pilih adalah stackoverflow, PHP Indonesia (phpindonesia.net), dan group facebook PHP Indonesia.

2. Luangkan Waktu 1 atau 2 Jam dalam Sehari

Meluangkan waktu belajar secara berkesinambungan merupakan hal yang sulit. Namun jika Anda merelakan waktu luang Anda 1 atau 2 jam dalam sehari tentunya Anda akan cepat menguasai bahasa pemrograman ini.

3. Praktekan

Ngoding merupakan keahlian jadi Anda harus mempraktekannya. Semakin sering praktek maka Anda akan semakin lihai dalam mengoding.

4. Buat Kasus Sederhana

Buatlah kasus sederhana dari materi yang sudah atau baru saja Anda pelajari. Dengan membuat kasus, Anda akan mengetahui seberapa dalam Anda menguasai materi tersebut.

Akhirnya terjawab sudah pertanyaannya. Oleh karena itu saya akhiri artikel belajar php ini. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, silahkan dishare atau berikan komentar pada artikel ini. :)

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon